Langsung ke konten utama

Sandi Semaphore




       
1.Sekilas Tentang Semaphore
          Semaphore adalah cara pengiriman informasi jarak jauh secara visual (Optical Telegraph) menggunakan kombinasi kedua belah tangan.Agar mudah dilihat,pengiriman isyarat semaphore biasanya memegang benda seperti bendera,dayung atau benda lain yang mencolok.Bisa juga dilakukan dengan tangan kosong atau sarung tangan yang berwarna kontras dengan latar belakang.Apabila pengiriman berita dilakukan saat malam hari,pengirim memegang benda bercahaya seperti lampu senter,lampu tongkat atau semacamnya.Informasi yang dikirimkan berupa huruf-huruf yang dibentuk oleh kombinasi kedua belah tangan pengirim.
          Perangkat optical telegraph yang diterapkan dilapangan pertama kali pada tahun 1792 di Perancis.Perangkat tersebut diciptakan oleh Claude Chappe dan saudaranya.Mereka berhasil membangun 556 menara pengirim semaphore yang saling terhubung secara visual hingga mencapai total jarak 4.800 Km.Perangkat ini digunakan untuk kebutuhan militer dan komunikasi nasional hingga tahun 1850.
          Perangkat ini berupa menara dengan tiang berlengan.Posisi lengan pada tiang berubah-ubah yang bisa diterjemahkan mejadi huruf atau pesan tertentu.Cara ini dinilai sangat efektif pada masa itu.Jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman berita menggunakan kurir berkuda.Namun cara ini memiliki kelemahan,yaitu mahal (perlu membuat banyak tower) dan tidak ada kerahasiaan.
          Perangkat semaphore ciptaan Chappe ini pada masanya diadopsi oleh banyak negara.Hingga saat kini perangkat yang mirip masih dipakai sebagai alat komunikasi pada jalur kereta api.Pengembangan yang lain adalah pengiriman semaphore menggunakan tangan seperti yang kamu kenal dalam kegiatan kepramukaan.

2.Tata Cara Berkomunikasi Dengan Semaphore
          Posisi tubuh yang baik adalah berdiri tegak menghadap ke penerima.Tujuanya agar mudah dan jelas dilihat.Dua orang yang saling berkirim informasi sudah tentu harus saling berhadapan,karena ada komunikasi dua arah disini.
          Bendera (atau benda lain) merupakan perpanjangan tangan,maka harus dipegang sedemikian rupa selalu lurus segaris dengan tanga.Lengan atas dan bawah juga harus selalu lurus,yang berputar adalah sendi paha bahu,bukan sikut.

A.Sebelum mengirim pesan,pengirim mencari perhatian penerima pesan dengan “mengepak                    ngepakkan” bendera seperti gerakan gunting diatas kepala.Tunggu hingga penerima siap dengan          mengirimkan pesan huruf “k”.

B.Setelah siap menerima pesan,penerima membuat posisi huruf “k”.Setelah itu pengirim harus bia          mulai mengirimkan pesan.
C.Kirimkan satu huruf ke huruf berikutnya secara berlanjut tanpa diselingi gerakan lain.                          Jika pengirim perlu waktu memikirkan huruf berikutnya,saat berfikir posisinya tetap diam pada          huruf tersebut.
D.Untuk memisahkan setiap kata gunakkan isyarat spasi,yaitu menyilangkan tangan/bendera diposisi      bawah.
E.Jika ada hruf yang sama dan berurutan dalam satu kata,gunakan juga isyarat spasi.
   Caranya,setelah huruf kembar pertama,lakukan isyarat spasi dengan cepat dan langsung kembali ke     posisi huruf kembar itu lagi.
F.Penerima akan mengirim isyarat huruf “C” untuk menandakan dia   mengerti setiap kata yang             dikirimkan.
G.Jika tiba-tiba penerima mengirimkan isyarat huruf I-MI,artinya kata terakhir belum                              dimengerti/terbaca.Pengirim cukup mengulangi mengirim kata tersebut.
H.Jika pengirim membuat kesalahan,berhenti lalu mengirim isyarat “error” dengan huruf “E” dan            tangan yang di atas digerak-gerakkan membentuk angka 8 kecil.Ulangi hanya kata yang salah              tersebut dari awal.
I.Untuk mengirim pesan berupa angka,buat isyarat angka terlebih dahulu.Bentuk isyarat angka               adalah  satu bendera diatas dan satunya dikanan atas.
J.Jika sudah selesai,pengirim memberikan isyarat “A-R” secara berulang-ulang.Penerima,jika                memahami seluruh pesannya membalas dengan isyarat “R”

3.Bendera Semaphore
        Yang paling sering kita temui berupa bendera persegi 40 cm X 40 cm yang terdiri dari dua buah segitiga siku-siku bewarna merah dan kuning.Sering timbul perbedaan pendapat apakah warna merah atau kuning yang menempel pada tongkat.
       Sebenarnya versi yang manapun tidak salah,karena prinsipnya penggunaan bendera tersebut adalah agar lebi mudah dilihat.Tetapi,yang lazim di kalangan angkatan laut adalah warna kuninglah yang menempe pada tongkat.
       Bendera yang kita kenal sebagai bender semaphore adalah bendera “oscar” mewakili huruf O.Perhatikan sisi kiri (yang menempel pada tongkat) adalah sisi kuning.Angkatan laut memilih bendera Oscar karena warnanya yang dinilai kontras dengan latar belakang biru langit dan air laut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Perubahan Fisik dan Norma-norma Pergaulan

Point 29 Mengetahui ciri-ciri perubahan fisik tubuh pada dirinya dan faham akan norma-norma pergaulan. Seorang laki-laki telah dianggap memasuki masa puber jika pada tubuhnya terjadi perubahan, antara lain sebagai berikut: Jakun mulai tumbuh Jakun berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap laring (kotak suara) Dada tampak lebih berbidang Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan Suara menjadi lebih berat dan besar Mulai mengalami mimpi basah Keluarnya sperma secara alami, tanpa disadari oleh remaja laki-laki Pembuangan minyak lambat, mulai tumbuh jerawat Hormon seks makin matang menghasilkan organ seks laki-laki Bahunya melebar dan otot-otot berisi Seorang perempuan telah dianggap memasuki masa puber jika pada tubuhnya telah ada perubahan sebagai berikut: Payudara mulai tumbuh besar Pinggul mulai melebar Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan Datangnya haid atau menstruasi setiap

SKK PPPK ( PURWA )

POIN 1 “mengetahui cara dan dapat menolong kecelakaan luka iris, luka garuk, luka bakar/kena benda panas, benjut/memar, terkilir, hidung berdarah, tersengat/tergigit binatang berbisa, dan debu di mata,” 1.       Luka Memar Luka memar ditandai dengan kulit yang membiru dan membengkak, biasanya disebabkan oleh benda tumpul. Pertolongan yang bisa diberikan: 1.       Bagian yang cedera perlu diistirahatkan serta korban kecelakaan 2.       Memberikan kompres es atau air dingin setelah kejadian, sampai 24 jam berikutnya 3.       Apabila setelah 24 jam masih terasa sangat nyeri, tindakan berikutnya diberi kompres panas (air hangat) sampai rasa nyeri hilang dan tidak dating lagi. 2.       Luka Bakar Yang dimaksud dengan luka bakar adalah kerusakan jaringan kulit yang disebabkan panas, karena terjadi sentuhan yang intensif antara tubuh dengan benda panas/ api yang melebihi 60°C. Dasar pertolongan yang harus diambil: a.   Jauhkan sumber panas dari tubuh. b.    Rendam b

Motto dan Lambang Gerakan Pramuka

Motto Gerakan Pramuka Moto Gerakan Pramuka adalah “Satyaku kudarmakan,darmaku kubaktikan”. Motto gerakan Pramuka tersebut mengandung arti, sebagai berikut. 1.Menanamkan rasa percaya diri. 2.Menambah semangat pengabdian kepada Masyarakat. 3.Memiliki rasa banga terhadap pramuka. 4.Memiliki budaya kerja yang dilandasi dengan suatu pengabdian 5.Siap mengmalkan Try Satya dan Dasa Darma Lambang Gerakan Pramuka Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita – cita setiap anggota gerakan pramuka Arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka,yaitu sebagai berikut. 1,Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal Lambang buah nyiur yang tumbuh berarti setiap anggota Pramuka yang meneruskan generasi bangsa indonesia sehingga diharkan harus berkesiambungan dan terus menerus 2.Buah nyiur dapat bertahan lama Lambang buah nyiur dapat bertahan lama berarti bahwa setiap anggota pramuka adalah seorang yang kuat sehat rajin dan juga memiliki tekad yang